Iseng-iseng tanya loker di toko mas

 Mungkin ada yang akan menemukan tulisan ini ketika mencari keyword 'Bagaimana cara bekerja di toko mas' atau yang lebih sesuai konteksnya 'Bagaimana cara interview di toko mas' atau bahkan 'Bagaimana cara mendapatkan pekerjaan di toko emas'.


So, kemarin aku sama kakakku pergi ke pasar seperti biasanya, sebulan sekali atau beberapa minggu sekali kakakku akan mengajakku ke toko grosir-ecer jajanan yang ada di tengah Pasar Turi. 

Nah, saat aku sedang kepanasan di parkiran, mataku tertuju pada toko mas di seberang, tokonya nampak terang dan bagus.  Aku masuk dan lihat-lihat emas, lalu kepikiran ingin nanya harga mas, ya memang aku masuk ke dalam tanpa tujuan yang pasti, selagi menanyakan harga, aku sambil mencoba 2 buah cincin manis kadar 700. Lalu dengan halus aku menanyakan harga jual emas tanpa surat dan ternyata masih lumayan jauh selisihnya. 

Lalu, masuk poin penting nih, aku iseng menanyakan info lowongan kerja, awalnya orangnya bilang gak ada lowongan kerja, so,yaudah nih karena aku juga belum bisa kerja, yaudah sebelum pergi aku minta dipasangin permata di cincinku. Sambil menunggu, ternyata kakakku udah selesai belanja, aku lambai tangan kepada kakakku, jadi kami berdua ngadem bentar di toko mas deh. Tak lama cincinku selesai dan masih orang yang sama, dia menginfokan akan menghubungiku kalau memerlukan karyawan, kebetulan juga mereka baru ada karyawan baru masih penyesuaian selama 2 minggu.

 Nah, di sini aku langsung menceritakan bahwa aku punya pengalaman kerja di toko mas selama 5 tahun dan selesai memberikan kontak kami pun pulang. 

Inti dan poin dari tulisanku adalah jangan takut bertanya di toko mas, karena jarang sekali ada toko mas yang interview dengan berat, palingan hanya menanyakan ketersediaan bekerja sesuai jam dan di sini kita bisa nego, apabila kita ada tugas antar jemput keponakan misalnya, itu paling hanya perlu 1 jam, maka beritahulah kepada calon bos, maka ke depannya bos tidak akan menilai buruk. 

Lalu, satu hal lagi, tidak semua lowongan kerja dipajang dan diinformasikan di media, kita bisa aja menemukan pekerjaan di toko yang kelihatan tidak mencari karyawan, so gunakanlah waktumu dengan baik untuk menjelajahi seluk beluk jalan dan keluar masuk toko.  

Previous Post Next Post